Pengaturan Privasi Baru di Facebook

Posted: June 4, 2010 in PTI, Uncategorized

Kini Facebook meluncurkan pengaturan privasi baru yang bisa mempermudah pengaturan privasi Facebook anda.

Sebenarnya kalau mau membaca pengaturan privasi di Facebook, kita bisa mengatur konten mana yang bisa dibagikan ke publik, mana yang tidak (dalam artian hanya teman kita saja yang melihatnya) namun permasalahan privasi Facebook bukan hanya tentang konsep privasi itu sendiri, tetapi juga tentang bagaimana akses untuk pengaturan privasi ini yang njelimet alias cukup sulit untuk digunakan karena memusingkan dan tidak sederhana.

Kini Facebook meluncurkan pengaturan privasi yang lebih sederhana, baik dari tampilan maupun dari pilihan pengaturannya. Setidaknya ada 3 pengumuman tentang perubahan privasi ini, yang saya tulis berdasarkan pengumuman di blog Facebook.

Pertama yang berkaitan dengan kemudahan dalam melakukan kontrol atas siapa saja yang bisa melihat konten yang kita buat. Kemudahan ini termasuk hanya dengan beberapa klik, anda bisa mengatur konten yang anda buat, apakah akan terlihat oleh semua orang (berarti juga semua orang di internet), jaringan pertemanan dari teman anda, atau hanya teman anda saja.

Pengaturan ini juga berlaku atas produk baru yang akan diluncurkan Facebook di masa depan, artinya ketika ada produk baru yang mereka luncurkan, pangaturan privasi yang telah pengguna tentukan, misalnya hanya akan menampilkan konten untuk teman saja, akan tetap berlaku untuk produk baru dari Facebook.

Yang kedua, berkaitan dengan informasi dasar/standar yang berisi nama, profile picture, serta beberapa informasi dasar yang membuat orang lain mudah untuk menemukan akun seseorang di Facebook. Melalui pengumuman privasi terbaru ini, Facebook akan mengurangi informasi dasar yang secara default harus tampil untuk publik.

Termasuk melakukan kontrol atas siapa saja yang bisa melihat teman-teman anda serta pages yang anda punya. Sedangkan beberapa info seperti nama, profile picture, gender, networks, tempat tinggal, serta aktivitas, tetap tampil untuk publik untuk memudahkan proses pencarian atas profil pengguna.

Yang ketiga, Facebook juga mempermudah pengguna untuk mengatur aplikasi serta situs apa saja yang bisa mengakses informasi yang mereka miliki. Jadi jika anda sering merasa terganggu (seperti saya) atas berbagai aplikasi di Facebook, misalnya aplikasi permainan, pilihan privasi baru ini memungkinkan anda untuk mengatur agar tidak ada informasi dari akun anda yang di-share ke berbagai aplikasi atau website tersebut.

Informasi lain, Facebook juga mengatakan bahwa perubahan model privasi yang terbaru ini adalah yang terakhir. Perubahan tentang berbagai hal mengenai privasi di Facebook memang menjadi salah satu yang paling sering disorot oleh publik dan memancing berbagai komentar, termasuk apakah model privasi ini akan berubah lagi atau tidak, nah melalui pengumuman ini Facebook menjelaskan bahwa Facebook’s privacy model telah masuk dalam tahap final, yang berarti jika perubahan yang terakhir ini berguna bagi pangguna Facebook, maka Facebook akan menggunakannya untuk jangka waktu yang lama, jadi pengguna Facebook tidak perlu khawatir akan perubahan model privasi di waktu mendatang.

Well, salah satu yang ditekankan dari perubahan privasi terbaru ini adalah kemudahan dalam melakukan pengaturan serta kontrol atas data, informasi, konten serta relasi dengan aplikasi atau ‘dunia luar’ atas akun Facebook anda. Jadi sebenarnya pengguna itu sendiri tetap harus membaca secara rinci tentang masalah koneksi atau akses yang akan diperbolehkan atas akun mereka.

Semoga saja tampilan privasi baru, yang akan berlaku untuk user umum dalam beberapa minggu ke depan ini, bisa membuat para pengguna Facebook menghilangkan rasa malas mereka untuk melakukan pengaturan privasi. Dan terutama, perubahan ini bisa membuat kontrol atas informasi yang ada di akun Facebook lebih dimaksimalkan.

Source : dailysocial.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s